RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : VI/ II
Pertemuan
Ke : 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
RUPA
Standar Kompetensi
9. Mengapresiasi
karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
9.1 Mengidentifikasi
jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal
berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Karya Seni Rupa
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
tanya jawab
4.
latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan
pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara
daerah lain
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang motif hias
pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F Mengeksposisi keragaman motif hias pada karya seni rupa
Nusantara daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber
Belajar
·
Buku paket
SBK standar isi 2006
·
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Model karya
seni rupa tiga dimensi
·
Gambar atau
foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengamati
beberapa gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain
· Mengidentifikasi
ragam hias batik Nusantara daerah lain
· Mengidentifikasi
teknik dan bahan pembuatan batik
|
praktek
|
praktek
|
Buatkan gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : VI/ II
Pertemuan ke : 2
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
RUPA
Standar Kompetensi
9. Mengapresiasi
karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
9.2 Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi
keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Karya Seni Rupa
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
tanya jawab
4.
latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan
pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias batik Nusantara daerah lain
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mengapresiasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI.Alat/Bahan dan Sumber
Belajar
·
Buku paket
SBK standar isi 2006
·
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Model karya
seni rupa tiga dimensi
·
Gambar atau
foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengamati
beberapa gambar/foto/model motif hias batik Nusantara daerah lain
· Mengklasifikasi
keunikan ragam hias batik Nusantara daerah lain
· Mengapresiasi
keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
|
praktek
|
praktek
|
Buatkan keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : VI/ II
Pertemuan
ke : 3
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.1 Mengekspresikan diri
melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar
II. Tujuan Pembelajaran**
Membuat
gambar ilustrasi dengan tema suasana alam sekitar
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Gambar Ilustrasi Alam
Sekitar
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan
pengamatan beberapa gambar ilustrasi alam sekitar
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Membuat gambar ilustrasi
dengan tema suasana alam sekitar
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket
SBK standar isi 2006
·
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Gambar
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengamati
beberapa gambar/foto ilustrasi suasana alam sekitar
· Membuat gambar
ilustrasi dengan tema suasana alam sekitar
|
Praktek
|
Praktek
|
Buat kan gambar ilustrasi dengan tema suasana alam sekitar.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : VI/ II
Pertemuan
ke : 4
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.2 Menyiapkan
karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas
II. Tujuan Pembelajaran**
Mempersiapkan
pameran karya seni rupa di kelas
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Pameran
IV. Metoda Pembelajaran
1.
ekspositori (menerangkan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Menjelaskan
beberapa persiapan untuk mengadakan sebuah pameran karya seni rupa
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mempersiapkan pameran karya seni rupa di kelas
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membentuk kelompok siswa sebagai peserta pameran
F Membentuk panitia pameran
F Menyiapkan semua karya seni rupa yang akan dipamerkan
F Mengelompokkan karya seni rupa sesuai dengan jenisnya
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memeriksa kembali persiapan yang telah dilakukan
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber
Belajar
·
Buku paket
SBK standar isi 2006
·
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Membentuk
kelompok siswa
· Membentuk
panitia pameran
· Menyiapkan semua
karya seni rupa yang telah dibuat
· Mengklasifikasi
karya seni rupa yang telah dibuat
|
Praktek
|
Praktek
|
Buatkan karya seni rupa
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : VI/ II
Pertemuan
ke : 5
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
MUSIK
Standar Kompetensi
11. Mengapresiasi
karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
11.1 Membandingkan
berbagai lagu dan musik Nusantara
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal,
menghapal dan membandingkan lagu dan musik daerah Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Ragam Lagu Daerah Nusantara
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenalkan
beberapa lagu daerah Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mengenal, menghapal dan membandingkan lagu dan musik daerah
Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
F Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
F Menutup pelajaran
VI.Alat/Bahan dan Sumber
Belajar
·
Buku paket
SBK standar isi 2006
·
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Kaset/CD
lagu daerah Nusantara
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengenal, menghapal dan membandingkan lagu dan musik daerah Nusantara
|
Tes lisan dan
tulisan
|
Isian dan
uraian
|
Sebutkan
beberapa lagu dan musik daerah Nusantara
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : VI/ II
Pertemuan
ke : 6
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
MUSIK
Standar Kompetensi
11. Mengapresiasi
karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
11.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai lagu
dan musik Nusantara
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi
beberapa lagu dan musik Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah
Nusantara
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenal beberapa
lagu dan musik daerah Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mengapreasiasi beberapa
lagu dan musik daerah Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara
F Memainkan beberapa alat musik daerah Nusantara
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
F Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket
SBK standar isi 2006
·
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Kaset/CD
musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengapresiasi beberapa lagu dan musik Nusantara
|
Tes lisan dan
tulisan
|
Isian dan
uraian
|
Beberapakan lagu dan musik daerah Nusantara
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : VI/ II
Pertemuan
ke : 7
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
MUSIK
Standar Kompetensi
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
12.1 Memainkan alat musik ritmis
dan melodis
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal
dan memainkan alat musik ritmis dan melodis
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Alat Musik Ritmis dan
Melodis
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenal
beberapa alat musik ritmis dan melodis
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Menjelaskan cara memainkan
alat ritmis dan melodis
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memainkan alat musik ritmis dan melodis
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas untuk berlatih memainkan alat musik
F Menutup pelajaran
VI.Alat/Bahan dan Sumber
Belajar
·
Buku paket
SBK standar isi 2006
·
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Alat musik
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengenal
dan memainkan alat musik ritmis dan melodis
|
Tes lisan dan
tulisan
|
Isian dan
uraian
|
Jelaskan teknik memainkan beberapa alat musik ritmis dan melodis
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : VI/ II
Pertemuan
ke : 8
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
MUSIK
Standar Kompetensi
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
12.2 Menyiapkan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan musik
sederhana
II. Tujuan Pembelajaran**
Mempersiapkan
pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Pertunjukkan
IV. Metoda Pembelajaran
1.
ekspositori (menerangkan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Menjelaskan pertunjukkan yang akan digelar
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mempersiapkan pertunjukkan
lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membentuk kelompok latihan
F Memberikan petunjuk dan bimbingan di dalam persiapan
F Melakukan latihan/persiapan
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas untuk berlatih di rumah
F Menutup pelajaran
VI.Alat/Bahan dan Sumber
Belajar
·
Buku paket
SBK standar isi 2006
·
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Kaset/CD
lagu daerah Nusantara
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mempersiapkan
pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana
|
Praktek
|
Praktek
|
latihan persiapan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan
sederhana
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|