RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Nama Sekolah
|
: Cahaya Bangsa
|
Mata Pelajaran
|
: SENI BUDAYA DAN
KETERAMPILAN
|
Kelas/Semester
|
: IV (empat) / I (satu)
|
Pertemuan Ke
|
: 1 – 2
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35’
|
Standar Kompetensi
|
SENI RUPA
1. Mengapresiasi Karya Seni rupa
|
Kompetensi Dasar
|
1.1 Menjelaskan makna seni rupa terapan.
1.2 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa
terapan yang ada di daerah setempat.
|
I. Tujuan Pembelajaran
|
·
Siswa dapat
menjelaskan makna seni rupa terapan
·
Siswa dapat
menyebutkan contoh seni rupa terapan.
·
Siswa mampu
mengungkapkan karya seni rupa dan
kegunaannya.
·
Siswa dapat
menyebutkan ciri-ciri dari seni rupa terapan yang ada di daerah tempat
tinggal siswa.
·
Siswa dapat
menjelaskan jenis seni rupa terapan yang merupakan 2 dimensi.
·
Siswa dapat
menjelaskan jenis seni rupa terapan
yang merupakan 3 dimensi.
·
Siswa dapat mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa terapan 2 dimensi
·
Siswa dapat mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa 3 dimensi.
v
Karakter siswa yang diharapkan
:
·
Disiplin (Discipline)
·
Tekun (diligence)
·
Tanggung jawab (responsibility)
·
Ketelitian (carefulness)
·
Kerja sama (Cooperation)
·
Percaya diri (Confidence)
|
II. Materi Ajar
|
|
III. Metode Pembelajaran
|
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Pemberian Tugas
- Mengerjakan soal uji kompetensi
4.
Tes tertulis
|
IV. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
·
Kegiatan Awal
1. Apersepsi
2. Salam pembuka
3. Mengabsen siswa
4. Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5. Memperlihatkan karya seni rupa terapan melalui majalah atau
Koran yang dibawa oleh guru
|
·
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menjelaskan makna seni rupa terapan.
F Siswa dapat Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah
setempat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan penjelasan tentang makna seni rupa terapan, dilanjutkan dengan
diskusi kelompok dan pengamatan melalui model untuk mecari ciri-ciri seni
rupa terapan
F Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan
pengamatannya di depan kelas dan dilakukan secara klasikal untuk mencari
kesimpulan.
F Memberikan penjelasan tentang makna seni rupa terapan melalui bentuk 2 dimensi,
dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan pengamatan melalui model untuk mecari
ciri-ciri seni rupa terapan
F Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan
pengamatannya di depan kelas dan dilakukan secara klasikal untuk mencari
kesimpulan.
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
mengenai materi yang belum dipahami
F Mengarahkan siswa untuk menulis komentar tentang karya
dalam film tersebut komentar
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan tugas membuat laporan hasil diskusi dan
pengamatan untuk setiap kelompok
F Mengerjakan soal-soal uji kompetansi.
F Memberikan tugas membawa contoh karya seni rupa dua
dimensi karya seni rupa terapan sederhana
|
V. Sumber/Alat/Bahan
|
·
Buku paket SBK
·
Saya Ingin Terampil
dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·
Standar Isi 2006
·
Model Karya seni
rupa tiga dimensi
·
Gambar dan foto
karya seni rupa
|
VI. Penilaian
|
· Aspek yang dinilai
- Aspek afektif (sikap)
Komponen
yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan
mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian
dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
-
Aspek kognitif
Komponen
yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru
pada saat test lisan.
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Melakukan pengamatan seni rupa terapan
·
Menyimak penjelasan
tentang makna seni rupa terapan.
·
Melakukan diskusi
untuk mencari contoh seni rupa terapan.
·
Menyebutkan
contoh-contoh karya seni rupa terapan yang dapat ditemukan pada kehidupan
sehari-hari.
·
Melalui pengamatan
model dan diskusi, siswa menjelaskan
cirri-ciri seni rupa terapan yang ada di daerahnya masing-masing.
·
Melalui Pengamatan
pada model, siswa menjelaskan beberapa jenis seni rupa terapan yang pernah diamati.
·
Menjelaskan seni
rupa terapan dengan bentuk 2 dimensi.
·
Melalui pengamatan,
diskusi dan penjelasan guru siswa menjelaskan jenis seni rupa 3 dimensi.
·
Melalui tugas
individu dan kelompok, siswa mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi
|
Tes tulis
|
Unjuk kerja
|
·
Jelaskan makna seni rupa terapan ?
·
Sebutkan contoh seni rupa terapan.
·
Sebutkan contoh-contoh karya seni rupa
terapan yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari.?
·
Jelaskan cirri-ciri seni rupa terapan
yang ada di daerahnya masing-masing.?
·
Jelaskan jenis
karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat.
·
Jelaskan seni rupa
terapan dengan bentuk 2 dimensi.
·
Jelaskan jenis seni
rupa 3 dimensi.
·
Sebutkan
contoh-contoh seni rupa 2 dimensi dan
3 dimensi
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
-
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
-
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
*
aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Nama Sekolah
|
: Cahaya Bangsa
|
Mata Pelajaran
|
: SENI BUDAYA DAN
KETERAMPILAN
|
Kelas/Semester
|
: IV (empat) / I (satu)
|
Pertemuan Ke
|
: 3 – 4
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35’
|
Standar Kompetensi
|
SENI RUPA
1. Mengapresiasi Karya Seni rupa
|
Kompetensi Dasar
|
1.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
kesesuaian fungsi karya seni rupa terapan.
1.4 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
keartistikan karya seni rupa terapan.
|
I. Tujuan Pembelajaran**
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
|
II. Materi Ajar
|
|
III. Metode Pembelajaran
|
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Pemberian Tugas
- Mengerjakan soal uji kompetensi
4.
Tes tertulis dan lisan
|
IV. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
·
Kegiatan Awal
1. Apersepsi
2. Salam pembuka
3. Mengabsen siswa
4. Memeriksa tugas
|
·
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperlihatkan contoh referensi dari gambar-gambar yang
sudah ada
F Mengarahkan siswa untuk membuat laporan hasil dari
diskusi dan pengamatan gambar
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
1. Memeriksa hasil laporan kelompok
2. Tugas membawa alat gambar, dan benda tiga dimensi untuk
pertemuan berikutnya (ke-5)
|
V. Sumber/Alat/Bahan
|
·
Buku paket SBK
·
Saya Ingin Terampil
dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·
Standar Isi 2006
·
Gambar dan foto
karya seni rupa
·
Alat gambar
|
VI. Penilaian
|
· Aspek yang dinilai
- Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi
keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan
hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat
siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.
-
Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan
memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar.
Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menjelaskan fungsi
seni rupa terapan yang ada di Indonesia
·
Menjelaskan fungsi seni rupa terapan dari manca Negara.
·
Menyampaikan
pendapat tentang keartistikan sebuah karya seni rupa terapan.
·
Menanggapi
kesesuaian bentuk , dan keserasian dalam seni rupa terapan.
·
Membuat gambar
dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.
·
Memberi tanggapan
pada hasil karya sendiri maupun orang lain.
·
Memajang hasil
karya seni rupa terapan pada tempat
yang tepat
|
Tes tulis
praktek
|
Unjuk kerja
praktek
|
·
Jelaskan fungsi
seni rupa terapan yang ada di Indonesia
·
buatkan gambar
dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
-
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
-
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
*
aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
-
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Nama Sekolah
|
: Cahaya Bangsa
|
Mata Pelajaran
|
: SENI BUDAYA DAN
KETERAMPILAN
|
Kelas/Semester
|
: IV (empat) / I (satu)
|
Pertemuan Ke
|
: 5 – 6
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 35’
|
Standar Kompetensi
|
SENI RUPA
2. Mengekspresikan
Diri Melalui Karya Seni Rupa
|
Kompetensi Dasar
|
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar
ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb.
2.2 Memamerkan hasil gambar ilustrasi dengan
tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb di depan kelas
|
I. Tujuan Pembelajaran**
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri (
Confidence )
|
|
II. Materi Ajar
|
|
●Gambar
ilustrasi/ kreatif dalam menggambar.
|
III. Metode Pembelajaran
|
1.
Ceramah
2.
Praktik
3.
Pemberian Tugas
- Mengerjakan soal uji kompetensi
4.
Tes tertulis dan lisan
|
IV. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
●
Kegiatan Awal
1. Apersepsi
2. Salam pembuka
3. Mengabsen siswa
4. Memeriksa tugas
|
●
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengarahkan siswa untuk
menggambar dengan pola motif manusia, binatang, dan tumbuhan.
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
● Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memeriksa hasil karya siswa
F Tes unjuk kerja
|
V. Sumber/Alat/Bahan
|
·
Buku paket SBK
·
Saya Ingin Terampil
dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·
Standar Isi 2006
·
Model Karya seni
rupa tiga dimensi
·
Gambar dan foto
karya seni rupa
|
VI. Penilaian
|
● Aspek yang dinilai
- Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi
keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan
hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat
siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.
-
Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan
memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar.
Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menjelaskan bentuk
dasar dalam menggambar.
·
Menjelaskan
factor-faktor dalam menggambar
ilustrasi.alam
·
Membuat gambar
dengan motif manusia.
·
Membuat gambar
dengan motif binatang.
·
Membuat gambar dengan
motif tumbuhan ( bunga dan buah).
·
Mendokumentasikan
hasil karya sendiri dengan baik.
·
Mengumpulkan hasil
karya setiap individu untuk diberi tanggapan secara tertulis maupun lisan.
·
Memajangkan/
memamerkan hasil karya gambar ilustrasi dengan tema alam di depan kelas/
majalah dinding.
|
Tes tulis
praktek
|
Unjuk kerja
praktek
|
Jelaskan bentuk
dasar dalam menggamb-ar.
Buat kan gambar
dengan motif manusia
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
-
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
-
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
*
aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
-
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar