My Favourite Music

Rabu, 13 September 2017

RPP Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) kelas 5 semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ I
Pertemuan Ke              : 1-2
Alokasi Waktu              : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :   
1.1 menjelaskan makna motif hias

II. Tujuan Pembelajaran
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III.  Materi Ajar
Makna motif hias

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
·         Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
·         Kegiatan Inti
§   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah Jawa Barat
F Tanya jawab



§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         menyebutkan cirri-ciri berbagai jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara.
·         mengelompokkan berbagai jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara.
Tes tulis
Jawab Singkat
Sebutkan cirri-ciri berbagai jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara?

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
-          Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

-          Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1





LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah               : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ I
Pertemuan Ke              : 3-4
Alokasi Waktu              : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
1.2 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat.

II. Tujuan Pembelajaran
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
Jenis motif hias. Bentuk objek

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.   Buku paket SBK standar isi 2006
b.   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.    Model karya seni rupa tiga dimensi
d.   Gambar atau foto

VII.  Penilaian
         
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         mengidentifikasi jenis motif hias.
Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan jenis motif hias

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
-          Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

-          Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






 

CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                     
Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ I
Pertemuan Ke              : 5-6
Alokasi Waktu              : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
1.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat.

II. Tujuan Pembelajaran**
·   Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
·   Mengenal beberapa motif hias pada buku, majalah, surat kabar, kain, lukisan, dll.
·   Mengenal beberapa motif yang ada sebagai model untuk membuat motif-motif yang baru.

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
·   Sikap apresiasi

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·   Model karya seni rupa tiga dimensi
·   Gambar atau foto

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         siswa dapat membuat motif baru berdasarkan motif-motif daerah yang ada.
Praktek
Praktek
Buatkan motif baru berdasarkan motif-motif daerah yang ada.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
-          Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

-          Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1





LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah               : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ I
Pertemuan Ke              : 7-8
Alokasi Waktu              : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dengan motif hias nusantara.

II. Tujuan Pembelajaran**
·   Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
·   Mempelajari contoh-contoh motif hias.
·   Membuat motif dasar sesuai dengan kreatifitas siswa.
·         Membuat gambar dekoratif dengan cara menggabungkan beberapa motif dasar sesuai dengan kreatifitas siswa

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
·   Gambar dekoratif, motif-motif dekoratif

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dengan motif hias nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·   Model karya seni rupa tiga dimensi
·   Gambar atau foto

VII.  Penilaian
         
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Membuat gambar dekoratif dengan motif hias nusantara.
Praktek
Praktek
Buat kan gambar dekoratif dengan motif hias nusantara

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
-          Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1




LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                     
Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah               : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya  Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ I
Pertemuan Ke              : 9-10
Alokasi Waktu              : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
2.2 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya.

II. Tujuan Pembelajaran**
·   Mendengarkan cerita guru tentang ciptaan Tuhan.
·   Mengamati gambar binatang.
·   tanya jawab tentang binatang.

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
·   Gambar dekoratif, motif-motif dekoratif

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai hewan dan kehidupannya Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis hewan dan kehidupannya daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis hewan dan kehidupannya daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman hewan dan kehidupannya daerah Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·   Model karya seni rupa tiga dimensi
·   Gambar atau foto

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         membuat gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya.
Praktek
Praktek
Buat kan gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
-          Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


-          Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1




LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






 
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                     
Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah               : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya  Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ I
Pertemuan Ke              : 11-12
Alokasi Waktu              : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
2.3 Membuat motif hias dasar jumputan kain.

II. Tujuan Pembelajaran**
·   Mengenal celup ikat.
·   Membuat tisu celup ikat.
·   Membuat kain celup ikat.

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
·   Motif hias

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai Motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membuat motif hias dasar jumputan kain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Model karya seni rupa tiga dimensi
·   Gambar atau foto

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Membuat kumpulan tentang berbagai jenis karakter ragam hias dan berbagai jenis teknik pembuatan celup ikat.
·         Membuat tulisan berbagai jenis pembuatan dan karakter ragam hias teknik celup ikat.
Praktek
Praktek
Buat kan kumpulan tentang berbagai jenis karakter ragam hias dan berbagai jenis teknik pembuatan celup ikat.





FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
-          Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

-          Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                     
Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I


Tidak ada komentar:

Posting Komentar