My Favourite Music

Rabu, 13 September 2017

RPP Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) kelas 6 semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


 Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya  Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : VI/ I
Alokasi Waktu              : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain 

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Karya Seni Rupa

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F Mengeksposisi keragaman motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mengamati beberapa gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain
·      Mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara daerah lain
·      Mengidentifikasi teknik  dan bahan pembuatan batik

Tes tulis
Jawab Singkat
Sebutkan ragam hias batik Nusantara daerah lain




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
-          Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

-          Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                     
Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya  Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : VI/ I
Alokasi Waktu              : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
1. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
1.2  Menjelaskan cara membatik

II. Tujuan Pembelajaran**
Menjelaskan ragam hias dan cara membatik

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Mengenal Ragam Hias dan Teknik Batik

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         2.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan beberapa gambar, foto atau model beberapa corak batik
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat Mengklasifikasi jneis-jenis corak dalam batik
F Menjelaskan cara dan langkah-langkah dalam membatik
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat rancangan pola hias batik
F Mewarnai rancangan pola hias batik
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
·         Gambar, foto dan model karya seni rupa tiga dimensi

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mengidentifikasi jenis –jenis ragam corak dalam batik.
·      Mengelompokkan jenis-jenis corak dalam batik.
·      Menyebutkan langkah-langkah dalam pembuatan karya seni rupa dalam membatik.
·      Merancang pola ragam hias batik di atas bahan kertas tisyu, dan bahan batik.
·      Mewarnai batik dengan perpaduan warna pada bahan kertas dan bahan kain
Tes tulis
Jawab Singkat
Sebutkan langkah-langkah dalam pembuatan karya seni rupa dalam membatik
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
-          Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

-          Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                     
Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya  Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : VI/ I
Alokasi Waktu              : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
       1.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Mengenal Ragam Hias dan Teknik Batik

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias batik Nusantara daerah lain
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat Mengidentifikasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
F Mengeksposisi tentang keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Memajang hasil karya ragam hias batik pada bahan kertas dan kain.
·      Memberi tanggapan positif terhadap hasil karya sendiri maupun orang lain
Praktek
Praktek
Buatkan hasil karya ragam hias batik pada bahan kertas dan kain

FORMAT KRITERIA PENILAIAN   
   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
-          Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya  Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : VI/ I
Alokasi Waktu              : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
2.1 Membatik  dengan teknik sederhana

II. Tujuan Pembelajaran**
Membatik dengan langkah-langkah dan teknik sederhana

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Mengenal Ragam Hias dan Teknik Batik

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  ekspositori (menerangkan)
         2.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk membatik
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat Membatik dengan langkah-langkah dan teknik sederhana
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memeriksa hasil karya
F Memberikan penilaian
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mempersiapkan bahan dan alat dalam membuat karya batik.
·      Membuat rancangan corak batik sederhana  di atas kertas atau bahan lain.
·      Membatik dengan teknik sederhana.
·      Mewarnai corak batik dengan perpaduan warna pada bahan kertas atau bahan lain
·      Praktek
·      Praktek
·      Buat kan rancangan corak batik sederhana  di atas kertas atau bahan lain.
·       




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
-          Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
-          Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktek


Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                     
Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I







Tidak ada komentar:

Posting Komentar