RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran :
Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : VI/ I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa
I. Kompetensi
Dasar :
1.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah
lain
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal berbagai jenis motif hias
pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Percaya diri ( Confidence
)
III. Materi Ajar
Karya Seni Rupa
IV. Metoda
Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
tanya jawab
4.
latihan
V. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model
berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta
didik dapat Mengidentifikasi jenis motif
hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F Memberikan
catatan deduktif-deskriptif tentang motif hias pada karya seni rupa Nusantara
daerah lain
F Mengeksposisi
keragaman motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru
F
Memberikan latihan soal
F
Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F
Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan
Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif
·
Model karya seni rupa tiga dimensi
·
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengamati beberapa gambar/foto/model ragam
hias batik Nusantara daerah lain
· Mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara
daerah lain
· Mengidentifikasi teknik dan bahan pembuatan batik
|
Tes tulis
|
Jawab
Singkat
|
Sebutkan ragam hias
batik Nusantara daerah lain
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
-
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
-
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
*
aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR
PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran :
Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : VI/ I
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
1. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
I. Kompetensi
Dasar :
1.2 Menjelaskan cara membatik
II. Tujuan Pembelajaran**
Menjelaskan ragam hias dan cara
membatik
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Percaya diri ( Confidence
)
III. Materi Ajar
Mengenal Ragam Hias dan Teknik Batik
IV. Metoda
Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
2.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan beberapa gambar,
foto atau model beberapa corak batik
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta
didik dapat Mengklasifikasi jneis-jenis
corak dalam batik
F Menjelaskan
cara dan langkah-langkah dalam membatik
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat
rancangan pola hias batik
F Mewarnai
rancangan pola hias batik
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru
F
Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan
Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
·
Gambar, foto dan model karya seni rupa
tiga dimensi
VII. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengidentifikasi jenis –jenis ragam corak
dalam batik.
· Mengelompokkan jenis-jenis corak dalam
batik.
· Menyebutkan langkah-langkah dalam pembuatan
karya seni rupa dalam membatik.
· Merancang pola ragam hias batik di atas
bahan kertas tisyu, dan bahan batik.
· Mewarnai batik dengan perpaduan warna pada
bahan kertas dan bahan kain
|
Tes tulis
|
Jawab
Singkat
|
Sebutkan
langkah-langkah dalam pembuatan karya seni rupa dalam membatik
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
-
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
-
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
*
aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran :
Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : VI/ I
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa
I. Kompetensi
Dasar :
1.3
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa
Nusantara daerah lain
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi keunikan motif hias
batik Nusantara daerah lain
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Percaya diri ( Confidence
)
III. Materi Ajar
Mengenal Ragam Hias dan Teknik Batik
IV. Metoda
Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
tanya jawab
4.
latihan
V. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model
berbagai motif hias batik Nusantara daerah lain
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta
didik dapat Mengidentifikasi keunikan
motif hias batik Nusantara daerah lain
F Memberikan
catatan deduktif-deskriptif tentang keunikan motif hias batik Nusantara daerah
lain
F Mengeksposisi
tentang keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru
F Memberikan
latihan soal
F Memberikan
soal Pekerjaan Rumah
F Menutup
pelajaran
VI.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
·
Model karya seni rupa tiga dimensi
·
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Memajang hasil karya ragam hias batik pada
bahan kertas dan kain.
· Memberi tanggapan positif terhadap hasil
karya sendiri maupun orang lain
|
Praktek
|
Praktek
|
Buatkan hasil karya
ragam hias batik pada bahan kertas dan kain
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
-
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
*
aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran :
Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : VI/ I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
I. Kompetensi
Dasar :
2.1 Membatik dengan teknik sederhana
II. Tujuan Pembelajaran**
Membatik dengan langkah-langkah dan
teknik sederhana
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Percaya diri ( Confidence
)
III. Materi Ajar
Mengenal Ragam Hias dan Teknik Batik
IV. Metoda
Pembelajaran
1.
ekspositori (menerangkan)
2.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan awal
Mempersiapkan bahan dan alat yang
diperlukan untuk membatik
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta
didik dapat Membatik dengan
langkah-langkah dan teknik sederhana
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa
rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru
F Memeriksa
hasil karya
F Memberikan
penilaian
F Menutup
pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
VII. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mempersiapkan bahan dan alat dalam membuat
karya batik.
· Membuat rancangan corak batik sederhana di atas kertas atau bahan lain.
· Membatik dengan teknik sederhana.
· Mewarnai corak batik dengan perpaduan warna
pada bahan kertas atau bahan lain
|
· Praktek
|
· Praktek
|
· Buat kan rancangan corak batik
sederhana di atas kertas atau bahan
lain.
·
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
-
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
-
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
*
aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar