My Favourite Music

Rabu, 13 September 2017

RPP Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) kelas 5 semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


 Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya  Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ II
Pertemuan Ke              : 1
Alokasi Waktu              : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
9. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
9.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat

II.   Tujuan Pembelajaran**
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Karya Seni Rupa

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
a.   Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah Jawa Barat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.   Buku paket SBK standar isi 2006
b.   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.    Model karya seni rupa tiga dimensi
d.   Gambar atau foto


VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Mengamati beberapa gambar/foto/model motif hias pada karya seni rupa Nusantara
·     Mengindentifikasi motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
Lisan
Unjuk kerja
Jelaskan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                     
Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya  Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ II
Pertemuan Ke              : 2
Alokasi Waktu              : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
9. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa  Nusantara daerah setempat

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat 

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Karya Seni Rupa

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengapresiasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat 
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.




§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.   Buku paket SBK standar isi 2006
b.   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.    Model karya seni rupa tiga dimensi
d.   Gambar atau foto

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Mengamati beberapa gambar/foto/model motif hias karya seni rupa Nusantara
·         Mengklasifikasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
·         Mengapresiasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
Tes tulis
Jawab Singkat
Sebutkan keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya  Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ II
Pertemuan Ke              : 3
Alokasi Waktu              : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
10.1 Membuat topeng  secara kreatif dalam hal teknik dan bahan

II.   Tujuan Pembelajaran**
Mengenal karakter dari bentuk topeng, teknik dan bahan membuat topeng

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III.  Materi Ajar
        Karya Topeng Nusantara

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  demontrasi (peragaan)
         4.  tanya jawab

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan beberapa gambar/foto/model berbagai karya topeng Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengenal karakter dari bentuk topeng, teknik dan bahan membuat topeng
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengelompokkan karakter topeng berdasarkan bentuknya
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang karakter topeng, teknik dan bahan membuat topeng
F Mengeksposisi tentang karakter topeng, teknik dan bahan membuat topeng
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.   Buku paket SBK standar isi 2006
b.   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.    Model karya seni rupa tiga dimensi
d.   Gambar atau foto

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Membuat topeng secara kreatif

Observasi, praktek.
praktek
Buat kan topeng secara kreatif ?


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1




 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                     
Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ II
Pertemuan Ke              : 4
Alokasi Waktu              : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
10.2 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya

II. Tujuan Pembelajaran**
Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Gambar Ilustrasi Manusia dan Kehidupannya

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan beberapa gambar iliustrasi manusia dan kehidupannya
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya



§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.   Buku paket SBK standar isi 2006
b.   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.    Gambar atau foto

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Mengamati gambar iliustrasi manusia dan kehidupannya
·         Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya

Praktek
Praktek
Buatkan  gambar ilustrasi manusia dan kehidupan-nya


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1




LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya  Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ II
Pertemuan Ke              : 5
Alokasi Waktu              : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
10.2 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya

II. Tujuan Pembelajaran**
Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Gambar Ilustrasi Manusia dan Kehidupannya

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan beberapa gambar iliustrasi manusia dan kehidupannya
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya




§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.   Buku paket SBK standar isi 2006
b.   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.    Gambar atau foto

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Mengamati gambar iliustrasi manusia dan kehidupannya
·         Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya

Praktek
Praktek
Buatkan  gambar ilustrasi manusia dan kehidupan-nya


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1




 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya  Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ II
Pertemuan Ke              : 6
Alokasi Waktu              : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
10.3 Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas

II. Tujuan Pembelajaran**
Mempersiapkan pameran karya seni rupa di kelas

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Pameran

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  ekspositori (menerangkan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Menjelaskan beberapa persiapan untuk mengadakan sebuah pameran karya seni rupa
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membentuk kelompok siswa sebagai peserta pameran
F Membentuk panitia pameran
F Menyiapkan semua karya seni rupa yang akan dipamerkan
F Mengelompokkan karya seni rupa sesuai dengan jenisnya



§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memeriksa kembali persiapan yang telah dilakukan
F Menutup pelajaran

VI.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.   Buku paket SBK standar isi 2006
b.   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo

VIII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Membentuk kelompok siswa
·     Membentuk panitia pameran
·     Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat
·     Mengklasifikasi karya seni rupa yang telah dibuat
Lesan, Praktek
Praktek
Bentukkan kelompok siswa karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1




LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ II
Pertemuan Ke              : 7
Alokasi Waktu              : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
10.4 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran kelas/sekolah

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengadakan pameran karya seni rupa di kelas/sekolah

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Pameran

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.  Memeriksa kembali bahan dan perlengkapan pameran
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran kelas/sekolah
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengadakan pameran karya seni rupa hasil dari karya siswa



§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan penilaian
F Menutup pameran

VI.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
c.    Buku paket SBK standar isi 2006
d.   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Membuat denah pameran
·     Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat
·     Menata karya seni rupa sesuai dengan jenisnya

Lesan, Praktek
Praktek
Buat kan denah pameran ?


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Nama Sekolah              : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran             : Seni Budaya  Dan Keterampilan
Kelas/Semester            : V/ II
Pertemuan Ke              : 8
Alokasi Waktu              : 2 x 35 Menit

SENI MUSIK
Standar  Kompetensi
11.  Mengapresiasi karya  seni musik

I.    Kompetensi Dasar :
11.1 Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal berbagai ragam lagu daerah Nusantara

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Ragam Lagu Daerah Nusantara

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenalkan beberapa lagu daerah Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengenal berbagai ragam lagu daerah Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
F Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara  



§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
F Menutup pelajaran

VI.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.   Buku paket SBK standar isi 2006
b.   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.    Kaset/CD lagu daerah Nusantara

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Mengenal berbagai ragam lagu daerah Nusantara

Praktek
Praktek
Praktekkan berbagai ragam lagu daerah Nusantara

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






 



 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I


Tidak ada komentar:

Posting Komentar