RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan
Ke : 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
RUPA
Standar Kompetensi
9. Mengapresiasi karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
9.1 Mengidentifikasi
jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal
berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Karya Seni Rupa
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
tanya jawab
4.
latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
a.
Melakukan
pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis
motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah Jawa Barat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F
Memberikan latihan soal
F
Memberikan soal Pekerjaan
Rumah
F
Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku paket
SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
Model karya
seni rupa tiga dimensi
d.
Gambar atau
foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengamati beberapa gambar/foto/model motif hias pada karya seni rupa
Nusantara
·
Mengindentifikasi motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
|
Lisan
|
Unjuk kerja
|
Jelaskan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan
Ke : 2
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
RUPA
Standar Kompetensi
9. Mengapresiasi karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni
rupa Nusantara daerah setempat
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi
keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa
Barat
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Karya Seni Rupa
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
tanya jawab
4.
latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan
pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias pada karya seni
rupa daerah Jawa Barat
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengapresiasi keunikan motif hias pada karya seni
rupa daerah Jawa Barat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F
Memberikan latihan soal
F
Memberikan soal Pekerjaan
Rumah
F
Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku paket
SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
Model karya
seni rupa tiga dimensi
d.
Gambar atau
foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengamati beberapa gambar/foto/model motif hias karya seni rupa Nusantara
·
Mengklasifikasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
·
Mengapresiasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
|
Tes tulis
|
Jawab Singkat
|
Sebutkan keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan
Ke : 3
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.1 Membuat
topeng secara kreatif dalam hal teknik
dan bahan
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal
karakter dari bentuk topeng, teknik dan bahan membuat topeng
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Karya Topeng Nusantara
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
demontrasi (peragaan)
4.
tanya jawab
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan
pengamatan beberapa gambar/foto/model berbagai karya topeng Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengenal karakter dari bentuk topeng, teknik dan bahan
membuat topeng
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mengelompokkan karakter topeng
berdasarkan bentuknya
F
Memberikan catatan
deduktif-deskriptif tentang karakter topeng, teknik dan bahan membuat topeng
F
Mengeksposisi tentang karakter
topeng, teknik dan bahan membuat topeng
F
Tanya jawab
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F
Memberikan latihan soal
F
Memberikan soal Pekerjaan
Rumah
F
Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku paket
SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
Model karya
seni rupa tiga dimensi
d.
Gambar atau
foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Membuat topeng secara kreatif
|
Observasi, praktek.
|
praktek
|
Buat kan topeng secara kreatif ?
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan
Ke : 4
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.2 Mengekspresikan
diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya
II. Tujuan Pembelajaran**
Membuat
gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Gambar Ilustrasi Manusia
dan Kehidupannya
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan
pengamatan beberapa gambar iliustrasi manusia dan kehidupannya
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat gambar ilustrasi
manusia dan kehidupannya
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F
Memberikan latihan soal
F
Memberikan soal Pekerjaan
Rumah
F
Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber
Belajar
a.
Buku paket
SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
Gambar atau
foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengamati gambar iliustrasi
manusia dan kehidupannya
·
Membuat gambar ilustrasi
manusia dan kehidupannya
|
Praktek
|
Praktek
|
Buatkan gambar ilustrasi manusia dan kehidupan-nya
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan
Ke : 5
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.2 Mengekspresikan
diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya
II. Tujuan Pembelajaran**
Membuat gambar
ilustrasi manusia dan kehidupannya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Gambar Ilustrasi Manusia
dan Kehidupannya
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan
pengamatan beberapa gambar iliustrasi manusia dan kehidupannya
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat gambar ilustrasi
manusia dan kehidupannya
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F
Memberikan latihan soal
F
Memberikan soal Pekerjaan
Rumah
F
Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber
Belajar
a.
Buku paket
SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
Gambar atau
foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengamati gambar iliustrasi manusia dan kehidupannya
·
Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya
|
Praktek
|
Praktek
|
Buatkan gambar ilustrasi manusia
dan kehidupan-nya
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan
Ke : 6
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.3 Menyiapkan
karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas
II. Tujuan Pembelajaran**
Mempersiapkan
pameran karya seni rupa di kelas
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Pameran
IV. Metoda Pembelajaran
1.
ekspositori (menerangkan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Menjelaskan
beberapa persiapan untuk mengadakan sebuah pameran karya seni rupa
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran
kelas
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membentuk kelompok siswa sebagai peserta pameran
F Membentuk panitia pameran
F Menyiapkan semua karya seni rupa yang akan dipamerkan
F Mengelompokkan karya seni rupa sesuai dengan jenisnya
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memeriksa kembali persiapan yang telah dilakukan
F Menutup pelajaran
VI.Alat/Bahan dan Sumber
Belajar
a.
Buku paket
SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Membentuk kelompok siswa
·
Membentuk panitia pameran
·
Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat
·
Mengklasifikasi karya seni rupa yang telah dibuat
|
Lesan, Praktek
|
Praktek
|
Bentukkan kelompok siswa karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan
Ke : 7
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.4 Menata karya
seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran kelas/sekolah
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengadakan
pameran karya seni rupa di kelas/sekolah
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Pameran
IV. Metoda Pembelajaran
1.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1. Memeriksa kembali bahan dan perlengkapan
pameran
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk
pameran kelas/sekolah
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mengadakan pameran karya seni
rupa hasil dari karya siswa
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan penilaian
F Menutup pameran
VI.Alat/Bahan dan Sumber
Belajar
c.
Buku paket
SBK standar isi 2006
d.
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Membuat denah pameran
·
Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat
·
Menata karya seni rupa sesuai dengan jenisnya
|
Lesan, Praktek
|
Praktek
|
Buat kan denah pameran ?
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan
Ke : 8
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
SENI
MUSIK
Standar Kompetensi
11. Mengapresiasi karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
11.1 Mengidentifikasi
berbagai ragam lagu daerah Nusantara
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal
berbagai ragam lagu daerah Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Ragam Lagu Daerah Nusantara
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenalkan
beberapa lagu daerah Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengenal berbagai ragam lagu daerah Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
F Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
F Menutup pelajaran
VI.Alat/Bahan dan Sumber
Belajar
a.
Buku paket
SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
Kaset/CD
lagu daerah Nusantara
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengenal berbagai ragam lagu daerah Nusantara
|
Praktek
|
Praktek
|
Praktekkan
berbagai ragam lagu daerah Nusantara
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DWIYANTO, S.Pd.
|
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar