My Favourite Music

Rabu, 13 September 2017

RPP Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) kelas 4 semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah
: Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 7 – 8
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
SENI MUSIK
11. Mengapresiasi Karya Seni Musik

Kompetensi Dasar
11.1. Menjelaskan makna dinamika dalam seni musik
11.2. Mengidentifikasi perbedaan dinamika
11.3. Mengidentifikasi alat musik melodis
11.4. Menampilkan sikap apresiatif terhadap dinamika dalam seni musik

I.   Tujuan Pembelajaran**
1.    Siswa dapat mengetahui arti dinamika dalam musik
2.    Siswa dapat membedakan tanda-tanda dinamik dalam musik dan penggunaannya
3.    Siswa dapat mengenal berbagai macam alat musik melodis dan penggunaannya
4.    Siswa dapat mengetahui tanda dinamik dalam penggunaan alat musik melodis
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
  • makna dinamika dalam seni musik
  • perbedaan dinamika
  • alat musik melodis
  • sikap apresiatif terhadap dinamika dalam seni musik

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Menonton/menyimak sebuah pertunjukkan
3. Diskusi
4. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
5. Tes tertulis dan lisan



IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
●  Kegiatan Awal
1.    Apersepsi
2.    Salam pembuka
3.    Mengabsen siswa
4.    Mempersiapkan peralatan yang diperlukan
5.    Memutar CD contoh lagu
6.    Melihat pertunjukan melalui VCD musik melodis
●  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Setiap siswa ditugaskan untuk mengidentifikasi alat musik melodis yang sudah dilihat dalam pertunjukan
FSiswa ditugaskan untuk menceritakan melalui tulisan macam-macam alat musik melodis tersebut
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
● Kegiatan Penutup
     Dalam kegiatan penutup, guru:
FMemeriksa tulisan siswa
FMempersiapkan salah satu buah lagu

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
·         Kaset/CD ansambel
·         VCD/tape recorder

VI.   Penilaian
●  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.



-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menyanyi
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mengetahui arti dinamika dalam musik
·      Membedakan tanda-tanda dinamik dalam musik dan penggunaannya
·      Mengenal berbagai macam alat musik melodis dan penggunaannya
·      Mengetahui tanda dinamik dalam penggunaan alat musik melodis
soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.

Melaku-kan kegiatan diskusi dan pengamatan
·      Apa arti dinamika dalam musik
·      Bedakan tanda-tanda dinamik dalam musik dan penggunaannya
·      Sebutkan berbagai macam alat musik melodis dan penggunaannya
·      Bagaimana mengetahui tanda dinamik dalam penggunaan alat musik melodis

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                     
Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  Cahaya Bangsa
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 9 – 11  
Alokasi Waktu
: 6 x 35’


Standar Kompetensi
SENI MUSIK
12. Mengekspresikan Diri Melalui Karya  Seni Musik

Kompetensi Dasar
12.1. Memainkan alat musik  melodis sederhana
12.2. Menyiapkan penyajian lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana
12.3. Menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana

I.   Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa mampu memainkan berbagai macam alat musik melodis sederhana
  • Siswa dapat menyajikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana
  • Siswa dapat menunjukkan kemampuan menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
  • alat musik  melodis sederhana
  • penyajian lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana
  • alat lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana

III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Praktik
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes unjuk kerja
IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
●  Kegiatan Awal
1.    Apersepsi
2.    Salam pembuka
3.    Mengabsen siswa
4.    Memeriksa tugas
●  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Memberikan contoh kepada siswa  cara memainkan alat musik melodis (demonstrasi)
F Megarahkan kepada siswa untuk mengikuti secara bertahap
F Mengarahkan kepada siswa untuk melakukannya secara keseluruhan, dan berulang-ulang
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
● Kegiatan Penutup
     Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mempersiapkan salah satu lagu anak-anak, dan lagu daerah
F Memberikan tugas membuat kliping

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
·         Kaset/CD musik melodis
·         VCD/tape recorder
·         Alat-alat rumah tangga (dapur)

VI.   Penilaian
●  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menyanyi.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.





Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Memainkan berbagai macam alat musik melodis sederhana
·         Menyajikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana
·         Menunjukkan kemampuan menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis
soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.

Melaku-kan kegiatan diskusi dan pengamatan
·         Bagaimana cara memainkan berbagai macam alat musik melodis sederhana
·         Sebutkan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana
·         nyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala Sekolah



DWIYANTO, S.Pd.
Metro,15 Juli 2017
Guru Mapel SBK.



MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I


Tidak ada komentar:

Posting Komentar